cerpen cintaku ke pentok got


Zaenab adalah seorang gadis tomboy. Kebiasaan Zaenab yang suka pulang larut malam karena ngeronda, membuat enyak dan babehnya kesal. Kenapa tidak, karena mereka tidak suka melihat anak perempuan satu-satunya ngeronda di kampung Betawi
“ Nab. . elu kagak salah ngeronda terus setiap malem. . ?” tanya babeh  Jamil kepada Zaenab.
“ Kagak beh. . apanya yang salah. . kagak ade yang salah. . aye emang demen ngeronda malem, abis aye kagak bisa tidur sih. . hehehe. . “ jawab Zaenab sambil cengengesan.
“ Nab. . Nab. . elu pan perempuan, mana pantes lu ikutan nimbrung di tempat ronda ma bocah laki. . “ jawab balik babeh sambil menghela napas panjang.
“ Biarin napa beh. . sekalian gitu beh cari jodoh buat aye. . abis aye pengen banget kawin beh. . hehehe. . udah dulu ya beh. . aye mau mandi dulu, bau asem nih badan aye. . “ jawab balik Zaenab sambil berlari meninggalkan babeh.
Melihat Zaenab yang seperti itu, babeh Jamil hanya bisa sabar dan sabar mengurus anak satu-satunya itu. Dalam hati babeh Jamilpun, ia berharap, Zaenab bisa merubah sifat aneh bin eror itu, dan bisa berubah menjadi gadis anggun, sholehah dan muslimah.
Saat babeh selesai menggerutu dalam hati karena anaknya, ia langsung duduk di kursi goyangnya, ditemani secangkir kopi panas yang sudah disediakan oleh istri tercintanya.

***
Setelah hampir satu jam Zaenab main air alias mandi, ia langsung memakai baju andalannya yakni kaos oblong dan celana jeans pendek. Belum lagi dengan rambut brondong seperti laki-laki. Melihat Zaenab berpenampilan seperti itu, enyak Fatimah langsung menarik Zaenab masuk ke kamar dan memberikan sebuah plastic yang berisi pakaian muslim, yakni Jilbab dan kerudung.
“ Nab. . sini lu. . “ pinta enyak Fatimah sambil menarik tangan Zaenab.
“ Kenapa si nyak. . aye mau main sama temen-temen aye. . udah pada nunggu noh di luar. . “ pinta Zaenab sambil melihat teman-temannya. Tapi tetap saja enyak Fatimah menarik Zaenab ke kamarnya, setelah itu, enyak Fatimah langsung mengunci pintu kamarnya dan menyimpan kuncinya itu di kantong saku depannya, ia melakukan itu agar Zaenab tidak bisa kabur.
“ Nih lu pake. . enyak kagak demen lu pake baju kaya gitu. . lu pan perempuan, lu lebih pantes dan sopan pake baju ntu. . “ terang enyak Fatimah kepada anaknya, sedangkan Zaenab langsung sibuk membuka plastic yang berisi baju itu. Saat plastic itu sudah ia buka, ia langsung terkaget saat melihat baju panjang biru yang mirip seperti baju daster.



“ Apaan nih nyak, ini baju daster pan. Enyak ngaco nih, masa aye disuruh pake baju daster, pan aye masih muda. . apa kata dunia kalo aye pake baju begituan. . “ ungkap Zaenab sambil memperhatikan baju yang ada di hadapannya.
“ Kata siapa itu baju daster, ntu bukan baju daster, tapi jilbab sedangkan yang ono noh kerudung buat nutupin rambut lu tuh yang gondrong kaya bocah laki. . ” Jawab enyak Fatimah sambil menunjuk-nunjuk kerudung berwarna biru yang warnanya mirip seperti jilbabnya.
“ Ya ampun nyak, masa aye pake baju gituan sih nyak, gerah nyak, aye gak biasa pake baju ntu. Nanti aja yah, kalau aye udah bosan pake nih baju yang aye pake. . “ jawab Zaenab dengan nada sedikit memohon-mohon.
“ Kagak, pokoknya lu musti pake ni baju, kalau lu kaga pake, berarti lu kaga ngehargain pemberian enyak. “ celetuk enyak dengan nada sedikit kecewa.
Saat enyak Fatimah berbicara seperti itu, Zaenab langsung menyetujuinya dan langsung memakai jilbab serta kerudungnya dibantu oleh enyaknya. Meskipun sebenarnya, ia melakukan itu karena terpaksa.
Saat Zaenab selesai berganti baju, ia langsung keluar sambil menutupi sebagian wajahnya dengan kerudung karena malu.
“ Beh, liat nih anak kite, cantik banget pan. . ?” tanya enyak kepada babeh sambil tersenyum.
“ Subhanallah, iya nyak cantik. “ jawab babeh sambil menatap anaknya yang berdiri di hadapannya.
“ Beh, aye kaga betah beh, gerah beh. . masa enyak sama babeh tega sih liat anak atu-atunye kegeraha kaya gini. . “ jawab Zaenab sambil mengibas-ibaskan tangannya ke wajahnya.
“ Udah lu pake aja, lama-lama juga lu bakal terbiasa dan kagak kegerahan lagi, percaya deh sama enyak. . “ timpal enyak sambil tersenyum lembut.
Mendengar enyak berbicara seperti itu, Zaenab langsung menghela napas panjang sambil berusaha menahan gerah yang menyelimuti tubuhnya. Setelah itu, ia langsung menghampiri teman-temannya yang sedari tadi sudah menunggu dan langsung menyapanya.
“ Assalamu’allaikum. . “ teriak Zaenab sambil melambaikan tangannya.
“ ‘Alaikumsallam. . mav neng cari siapa yah. . ?” tanya Asep yang tidak lain adalah teman ngeronda Zaenab.
“ Nang, Neng, Nang, Neng. . ini aye sep Zaenab, masa lu kaga kenal. . “ jawab Zaenab dengan nada sedikit kecewa.
“ Apa. . lu Zaenab. . ?” tanya balik Asep tidak percaya.
“ Ya Allah nih orang, iya bener, ini gue Zaenab. . nama lu Asep Sudarman pan, terus lu suka banget pan ngeronda malam. . ?” tanya balik Zaenab sambil berusaha mengingat-ingat apa yang ia ketahui tentang Asep.
“ Iya bener nama aye Asep Sudarman. . Berarti lu beneran. . Ya Allah nab. . ini beneran lu. . sumpah nab, gue tadi kaga ngenalin lu. . abis lu berubah 180 derajat tahu gak, lu yang tadinya urakan, sekarang berubah jadi perempuan berkerudung kaya gini. . “ ungkap Asep sambil terkagum-kagum melihat perubahan yang dialami temannya itu.
Setelah lumayan lama Asep memuji-muji Zaenab, Asep langsung memberitahu ke teman-temannya yang lain. Dan akhirnya, perubahan yang dialami Zaenab tersebut, tersebar ke seluruh pelosok kampung Betawi.
***
Tidak terasa, sudah lebih dari 2 hari Zaenab berbusana muslimah, meskipun sebenarnya ada saja keluhan-keluhan yang sering ia katakan ke enya dan babehnya, seperti gerah dan gak betah. Tapi meskipun begitu, enyak dan babeh Zaenab tetap menyemangati anaknya itu agar bisa terbiasa mengatasi gerah dan dan gak betahnya.
Sampai akhirnya, babeh Jamil membelikan sebuah sepeda sebagai hadiah atas perubahan yang dialami Zaenab. Karena Zaenab senang naik sepeda, ia langsung memakai sepedanya itu mengelilingi kampung-kampung Betawi. Tapi sayang, itu semua terhenti saat Zaenab nyungsep di Got yang ada dipinggir jalan. Saat ia berusaha bangun, ada seorang laki-laki berbaju koko putih membantu Zaenab mengangkat sepedanya yang menindih tubuhnya. Setelah itu, laki-laki itu langsung membantu Zaenab berdiri.
“ Mba. . lain kali kalau naik sepeda hati-hati yah. . biar gak jatuh lagi. . “ ungkap laki-laki itu sambil tersenyum.
Melihat senyuman laki-laki itu, tiba-tiba saja hati Zaenab bergetar hebat. Bahkan ia terbengong-bengong saat melihat laki-laki itu yang berparas tampan, berwajah bersih, seperti seorang ustad muda. Dalam hatipun ia berusaha menafsirkan perasaan yang sedang ia alami. . Apakah perasaan yang ia alami sekarang adalah cinta. . ? entahlah. .
Setelah ia berusaha menafsirkan perasaannya, ia langsung pulang kerumah untuk mengganti bajunya yang kotor, sekaligus ingin mencuci sepedanya yang kotor akibat terkena cipratan air got.
***
Jalan demi jalan telah ia lewati ditemani dengan rasa malu. Gimana tidak, ia menyusuri jalan demi jalan dengan pakaian dan sepeda yang berbau got. Tapi meskipun begitu, ia tidak terlalu menghiraukannya, yang ia utamakan sekarang adalah siapa sebenarnya laki-laki itu dan juga bersyukur karena ia telah sampai ke rumah dengan selamat, setelah itu, ia langsung memarkirkan sepedanya di halaman untuk dicuci, tapi sebelum dicuci, terlebih dahulu Zaenab mandi untuk membersihkan badannya.
Saat Zaenab sudah mandi dan bersih dari kuman-kuman dan kotoran, ia langsung menutup pintu kamarnya dan mengambil selang di gudang sebagai alat pencuci sepedanya. Tapi disaat selangnya sudah dapat, ia tidak melanjutkan lagi jalannya saat ia melihat laki-laki berbaju koko itu ada di ruang tamu rumahnya. Karena ia penasaran, ia langsung bertanya kepada Bi Karsiyem sambil berbisik-bisik ( bukan bisik tetangga loh. . hehehe ).
“ Bi, ngomong-ngomong. . siapa laki-laki ntu. . ?” tanyanya dengan nada penasaran.
“ Owh. . yang pake baju koko putih itu yah, dia itu namanya Ridzal Saputra atau biasa dipanggil A’Idzal di kampung ini. Asal eneng tahu yah, dia itu seorang mahasiswa dari Bandung loh, yang kebetulan sedang berlibur kesini, kenapa gitu neng, si eneng suka yah. . hayoooo . “ ledek bibi sambil menunjuk mukaku yang mulai memerah, karena aku tidak kuat mendengar ledekan bi Karsiyem, aku langsung masuk ke kamarku kembali.
Melihat aku jadi salah tingkah seperti itu, Bi Karsiyem langsung tertawa kecil sambil mengeleng-gelengkan kepalanya. Seteleh itu, bi Karsiyem langsung kembali ke dapur untuk masak, karena sebentar lagi waktunya untuk makan siang.
Saat bi Karsiyem sudah kembali ke dapur, Zaenab langsung menuju pintu belakang untuk keluar. Saat ia sudah berhasil keluar, ia terkaget saat ia melihat laki-laki itu sedang ada di depan rumah sambil menerima telpon. Mau tidak mau, aku harus menunggu lagi sambil melihat wajah laki-laki itu. Saat laki-laki itu sudah selesai menerima telpon, tiba-tiba saja laki-laki yang biasa dipanggil a’Idzal itu menoleh ke arah Zaenab dengan tatapan heran. Setelah itu, a’Idzal langsung kembali lagi ke ruang tamu untuk melanjutkan kembali pembicaraan yang tadi terputus.
Menyadari hal itu, Zaenab tidak terlalu memperdulikannya, tapi meskipun begitu, tatapan matanya itu telah membuat hati Zaenab dag- dig- dug tak karuan. Apakah ini yang disebut dengan cinta. . ?. . bisik Zaenab kembali dalam hati.
Setelah ia sudah berbisik dalam hati, ia langsung menuju keran air yang berada di halaman rumahnya dan langsung memasang selangnya itu ke keran air. Saat sudah terpasang, ia langsung menyiram sepeda yang kotor itu dengan air sambil terbengong, melihat Zaenab terbengong memikirkan a’Idzal, Zaenab langsung terkaget saat laki-laki itu ada di hadapannya, bahkan laki-laki itu menjadi korban penyemprotan si Zaenab, sampai-sampai seluruh tubuhnya basah. Mengetahui hal itu, Zaenab langsung meminta maaf kepada a’Idzal karena ia merasa bersalah atas apa yang telah ia lakukan kepada a’Idzal.
“ Masya Allah, maaf ya bang, aye kaga tahu kalau abang ada di sini. . maav ya bang. . “ pinta ia ke a’Idzal.
“ Iya mba tidak apa-apa, lebih baik saya basah kuyup seperti ini, daripada melihat mba bengong terus kaya gitu, gak baik loh mba bengong terus kaya gitu. . oiya mba, mba anaknya babeh Jamil yah.. . ?“ tanya laki-laki itu sambil tersenyum.
“ Iya bang. .aye anaknye babeh Djamil, si mandor kontrakan. . kalo boleh tahu, abang ada apa datang ke rumah aye. . mau mesen kontrakan ya. . ?” tanya balik Zaenab penasaran.
“ Iya. . saya sedang mencari kontrakan di sekitar sini. . mumpung saya sedang liburan. . dan Alhamdulillah, setelah saya kesini. . saya mendapatkan kontrakannya. . Ya sudah ya mba, saya mau pamit dulu, soalnya saya sedang ada urusan. . Assalamuallaikum. . “ pamit laki-laki itu kepadanya.
Saat laki-laki itu sudah pergi meninggalkan Zaenab, hatinya kembali dag-dig-dug tidak karuan, dan dari situlah ia semakin yakin, kalau ia telah jatuh cinta dengannya.
***
Sudah seminggu ini, ia menyimpan rasa cinta untuk sang pujaan hati. Saat ia sedang gundah gulana karena perasaan cinta yang tak kunjung berbalas itu, ia langsung kaget saat ada sebuah mobil di depan halamannya. Setelah itu, keluar seorang laki-laki yang tak lain pujaan hatinya itu, bersama dengan laki-laki dan perempuan yang kira-kira berumur 40 tahunan sedang berjalan di samping kanan dan kirinya.
Melihat kedatangan laki-laki itu, ada rasa senang menyelimuti hatinya. Tapi meskipun begitu, ia langsung menuju babeh dan enyaknya yang sedang ada di dalam rumah.
“ Nyak, Beh. . ada tamu. . “ teriak Zaenab.
“ Siapa, tumben pagi-pagi gini ada tamu. . “ jawab babeh heran.
“ Babeh liat aja sendiri, pasti babeh kenal kok. . “ jawab balik Zaenab berusaha meyakinkan, setelah itu, babeh langsung menuju halaman depan utnuk mengetahui, siapa tamu yang datang itu.
Saat sudah sampai depan halaman, babeh langsung memeluk a’Idzal seperti 2 orang anak dan bapak yang sudah lumayan lama kenal. Setelah itu, babeh langsung mempersilahkan a’Idzal dan dua orang itu masuk ke dalam rumahnya.
***
Tidak terasa, sudah setengah jam a’Idzal bercakap dan bercanda bareng, karena ia tidak tahu apa yang sedang mereka bicarakan. Ia langsung iseng, menguping pembicaraan babehnya dengan a’Idzal.
“ Beh. . orang tua saya sudah setuju kalau saya menikah. . tapi yang saya bingung, apakah dia mau menikah dengan saya. . “ ungkap laki-laki itu sambil menghela napas panjang.
Mendengar a’Idzal berbicara seperti itu, air mata Zaenab langsung mengalir membasahai pipinya, ia tidak pernah menyangka, kalau ternyata, laki-laki yang ia cintai itu akan menikah dengan perempuan lain. Tapi meskipun begitu, ia masih terus menguping pembicaraan diantara mereka berdua.
“ Babeh sih tidak yakin, tapi nanti deh babeh bantu biar lu bisa nikah. . babeh senang dah jadinya, liat lu mau nikah. . “ jawab babeh sambil tersenyum. Mendengar jawaban yang babeh lontarkan itu, hati Zaenab semakin sakit karena babehnya menyetujui perknikahan a’Idzal dengan perempuan lain.
Saat Zaenab sedang sakit hati seperti itu, enyak langsung masuk ke dalam kamar Zaenab dan terkaget saat anaknya yang tomboy itu, menangis tersedu-sedu.
“ Ya Allah nab. . lu kenape nangis, ada ape. . ?” tanya enyak kahawatir.
“ Enyakkkkkkk. . “ jawab Zaenab sambil memeluk enyaknya. Melihat perlakuan aneh anaknya itu, enyak langsung mengusap-usap rambutnya sambil berusaha mencari tahu, apa yang terjadi dengan anaknya itu.
“ Nab. . kalo elu ada masalah, lu cerita sama enyak. . kali aja enyak bisa bantu. . coba sekarang lu cerita sama enyak. . kenape lu bisa nangis kaya gitu. . ?” pinta enyak kepada Zaenab.
Mendengar apa yang dikatakan oleh enyaknya, ia langsung melepaskan pelukannya dan langsung menghapus air mata yang sedari tadi menetes membasahi pipi juga baju enyaknya.
“ Nyak. . aye gak setuju kalau bang Idzal nikah sama perempuan lain, aye cinta nyak sama dia. . aye pengen banget jadi bininya bang Idzal. . “ ungkap Zaenab sambil menahan rasa sakit yang ada di hatinya.
“ Alhamdulillah. . “ jawab enyak sambil tersenyum, sedangkan Zaenab masih tidak mengerti apa arti dari kata Alhamdulillah itu.
“ enyak kok jawabnya alhamdulillah. . berarti enyak setuju dong kalau orang yang aye cintai  nikah sama orang lain. . “ jawab Zaenab sambil memonyongkan bibirnya karena kecewa.
Melihat wajah anaknya yang seperti itu, enyak langsung mengusap wajah  anakanya itu.
“ Apa-apaan sih lu bibir di monyongin kaya gitu, kaya pantat ayam tahu. . “ celetuk enyak sambil tertawa. Melihat enyak tertawa, Zaenab semakin tidak mengerti apa maksud dari kata yang pertama kali disebutkan oleh enyaknya itu. Saat ia sedang penasaran, enyak langsung merangkul pundak Zaenab sambil tersenyum dan menjelaskan, apa maksud dari kata itu.
“ Nab. . asal lu tahu ye, babeh lu tuh takut lu bakal kebawa sama pergaulan yang gak baik, apalagi pacaran. Karena di dalam islam, Allah melarang orang yang berpacaran, karena berpacaran itu sama saja lu mendekati Zina, maka dari itu, babeh nyariin lu pasangan waktu lu bilang lu mau cepat kawin dan Alhamdulillah,babeh berhasil dapetin pasangan hidup buat lu. . dan alasan enyak merubah penampilan lu, karena sebentar lagi, lu bakal kawin sama pilihan babeh luh. . Dan si Idzal adalah, laki-laki yang dipilih sama babeh luh, buat  ngawinin lu. Awalnya enyak gak yakin sama pilihan babeh luh, toh elukan tomboy banget orangnya, mana mungkin lu demen sama si Idzal yang kalem kaya gitu. . Tapi sekarang apa yang enyak pikirkan salah. . karena kenape. . karena elu ngaku sama enyak kalau elu bener-bener jatuh cinta sama si Idzal. . “ ungkap enyak berusaha menjelaskan. Mendengar penjelasan yang terlontar dari mulut enyaknya itu, rasa senang, sedih dan bahagia menyatu di dalam hatinya.
“ Jadi nyak, orang yang mau dinikahin sama dia itu aye nyak. . ?” tanya balik aku berusaha meyakinkan.
“ ya iyalah. . siapa lagi kalau bukan lu. . “ jawab enyak sambil tersenyum.
Melihat senyuman enyak, Zaenab langsung memeluk enyaknya erat karena saking senangnya. Setelah itu, Zaenab langung di panggil oleh babeh untuk menerima pinangan sang pujaan hati, tapi sebelum ia dipinang, terlebih dahulu ia bertanya kepada laki-laki itu, sejak kapan laki-laki itu mencintai dirinya.
“ maaf ye sebelumnya, aye cuman mau tanya. . sejak kapan abang cinta sama aye dan kenapa abang bisa cinta sama aye. . ?” tanya Zaenab ke pujaan hatinya itu, mendengar pertanyaan yang diajukan oleh Zaenab, a’Idzal hanya tersenyum sambil menjawab pertanyaan dari Zaenab.
“ Pertama kali saya mencintaimu saat saya menolong kamu jatuh di got itu, saya kagum dan terpesona dengan kecantikanmu, belum lagi dengan apa yang babehmu katakan tentang kesabaranmu saat kamu dipaksa oleh enyak untuk memakai kerudung. Meskipun sebenarnya sifatmu itu, belum berubah dan masih seperti dulu. Tapi kamu harus yakin, saya akan membimbingmu menjadi wanita yang sholeh dan saya juga akan membantumu merubah sifat jelekmu. . “ jawab laki-laki kitu sambil tersenyum.
Mendengar jawaban yang di katakan oleh a’Idzal, ia langsung menerima pinangan laki-laki itu. Dan ibu dari a’Idzal yang sempat tidak di kenal oleh Zaenab langsung memakaikan cincin sebagai tanda kalau ia telah menjadi calon istri dari a’Idzal.
Saat ia sudah lebih dari sebulan menjadi calon istri a’Idzal, a’Idzal langsung menikahkan Zaenab, meskipun pernikahan mereka itu sederhana, dalam arti kata, tidak semeriah seperti apa yang dilakukan oleh orang kebanyakan. Tapi dua sejoli itu, menyambut pernikahannya dengan penuh kebahagiaan.
The End

by : Novia Handayani

0 comments:

Post a Comment