cerpen : sebel dech punya cowok kurang perhatian...!

Aku Ryn...
Kelas XI jurusan IPA...
Aku termasuk cewek yang pendiam n cuek...
Walau aku cuek, tapi aku perhatian kok... :D

***

 2009. Tepatnya tiga tahun yang lalu...
HP-ku bergetar. Ada SMS masuk...
“Assalamu’alaikum...”
Sender : No name [+6285746423558]
“Wa’alaikumsalam... siapa...??”
Ga sampe lima menit, balasan datang.
“Aku Ardian... kelas IX.4... kalo kamu siapa...??”
“Gimana toh! SMS kok gatau orang yang dituju...?!” aku mulai sewot,
“Aku tau nomor kamu dari temenmu... tapi aku gatau nama kamu siapa...”
“Oh...” balasku singkat, tak dapat berkata kata.
“Kok cuma oh doang...?? kamu siapa...??”
“Ryn.” jawabku tetap singkat.
“OK, Ryn... kalo boleh jujur, aku suka sama kamu...”
“Heh! Kita ga pernah kenal... please dech..! jangan asal bilang suka..”
“Aku udah tau kamu kok..!”
Aku tak berniat membalas SMS Ardian. Aku letakkan HP-ku di laci. Baru beberapa menit, HP-ku bergetar lagi...
“Ryn...kok nggak bales...??”
Aku nggak merespon. Aku nggak pingin bales SMS dia.

 
***

Januari 2011....
Setelah dua tahun lamanya aku dan Ardian saling kenal, Ardian benar benar memintaku buat jadi ceweknya...
“Ryn...kamu udah buka hatimu buat aku...” tanya Ardian saat kita ketemuan di sebuah cafe...
“Udah, Mas...” jawabku sambil menunduk malu,
“Ka..kamu..terima aku..??”
“Hu.umb...” anggukku meyakinkan. Ardian langsung bersiap memelukku.
“Ih..Mas, apaan sih...?!”
“A..aku..mau memelukmu, yank...”
Rasa aneh menyelimutiku, mukaku merasa merah...’ynk’...panggilan yang belum pernah aku dapatkan sebelumnya...
“Mas, kita emang udah jadian.. tapi tolong... jangan peluk peluk aku...”
“Ahaha...cewek aneh..! dimana mana, pacaran tuh pernah pelukan...”
“Mas..!!” spontan nadaku membentak. Aku beranjak dari dudukku dan pergi meninggalkannya. Aku marah. Ardian berusaha mengejarku, tapi itu sia sia.
Malamnya, HP-ku berdering. Telpon dari Ardian. Ragu. Lama aku biarkan HP-ku berdering. Akhirnya..aku angkat juga telpon itu...
“Halo..?”
“Halo..maaf ya..tadi..aku nggak sengaja..aku kira kamu sama seperti cewek cewek lain...yang mau dipeluk ama cowonya...maaf, yank..”
“I..iya..aku maafin kok, Mas...” jawabku dengan nada lembut,
“Kamu beda ama cewek lain ya...aku jadi makin sayang..”
“Ih..gombal ah..!!”
“Lho..beneran, say...aku sayaaang banget ama kamu..sejak awal kita kenalan, aku suka ma kamu, aku udah tanya tanya ke temen kamu...”
Aku tersenyum, malu. “Emm..mas..” , “Iya, sayang..” , “Udah dulu, ya..aku mau bobok..” , “Oh..oke..met bobok sayangku..” , “Iyah, Mas..” .  Telepon diakhiri.

***

Mei 2011...
Aku sengaja mengajak Ardian ke restoran. Hari ini hari ulang taunnya. Aku pingin kasih surprise buat dia.
“Hai, yank..!! udah lama nunggu..??”
“Enggak kok, Mas..” , Ardian tersenyum, “Ada apa, yank?? Kok tumben ngajak ketemuan..??”
“Emm.. ini...” kataku sambil mengeluarkan kotak berwarna merah dengan pita biru muda dari tasku.
“Selamat ulang taun, Mas...semoga tambah dewasa, jadi lebih baik...aku sayang kamu...”
“Waaah...oiya, ini hari ulang taunku...makasih ya yank..” ia membuka kado dari aku, senyumnya mengembang, “Yank..kamu tau aja apa yang aku suka...” aku hanya tersenyum.

***

Awal Januari 2012...
Setahun sudah aku dan Ardian jadian. Kadang tengkar, kadang rukun...kita sama sama masih kekanak kanakan. Dia ngambek, aku ikut ngambek. Aiiih...lupakan.
Pagi itu, wall FB-ku penuh dengan ucapan ulang tahun. Tapi nggak ada ucapan dari Ardian. HP-ku bergetar, ada 2 pesan...
“Cuyuunk.. HBD,,, traktiran... “
Sender : Dian [+6283834556733]
Dan, “Ryyn kuuu,, happy birthday... semoga...tambah baik, tambah pinteeer, dan sebagainya laah...”
Sender : Via [+6289680776225]
‘Huuufth...kmana sih dia...’ desahku pelan,
HP-ku bergetar lagi,
“met ulta ya yank”
Sender : Ardian [+6285746423558]
“Heh...Cuma gitu doang..?? biarinlah...”
Aku balas SMS-nya, “iya..makasi ya mas..” . singkat tanpa smileys.

***

Februari 2012, hari ulang tahun Dian...
Dia dapet hadiah boneka dari cowonya. Keliatannya dia seneng banget.. *yaiyalah! -,-
“Ryyn, aku dapet boneka dari cowoku loo...”
“Oh iya?”
“Iyaa..nih liat..”
“Hmm... wah seneng ya..”
“Iya dong..! eh, kamu dapet hadiah apa dari Ardian?”
“Jangan tanyakan itu, sayang...” jawabku dengan nada datar,
“Knupu...??”
“Aku ga dapet apa-apa..”
“Oh.maaf yaa, Ryn...”
“Iyah, ga papa kok...”

***

Sore itu, aku sengaja SMS dia duluan.
“Mas, aku tadi liat boneka lucuu...”
“Iya ta..???”
“-----Cuma gitu doang??” gumamku,
“Iyyaaah, aku pingiiin...” balasku,
“Mmm, ya minta ibu kamu, yang...”
“------gak ada inisiatif gitu taaah...” gumamku
“OK..” balasku singkat. Sebel.
“Kok balesnya gitu, yank?”
“Gpp...”
“Oh, yaudah kalo gapapa...”
Aku nggak bales SMS-nya, “cowok gak perhatian banget sih, peka aja kagak..!” aku ngomong sendiri,
Ku cari kontak Meila, temen akrabku..
“Me...” aku angkat bicara dengan nada sedih,
“Kenapa, Ryn ku sayang?”
“Cowokku ga perhatian banget sih..”
“Sabar ya... putus aja, Ryn...”
“Hhhh...tapi aku sayang ama dia...tapi...” kalau udah galau gini, kata ‘tapi’ sering terulang dalam perkataanku,
“Tapi kenapa, Ryn?”
“Aku juga pingin putus...”
“Lhah iya makanya....putus aja...lama lama rasa sayangmu itu bakal ilang kok..”
“Mmmm...oke, Mei, makasih...”
Telpon ditutup.

***

Hari keempat di bulan Februari....
Saat pulang sekolah, Ardian njemput aku.
“Yang, ayo pulang..”
“Iya..” tanpa banyak bicara, aku langsung naik ke sepeda motornya.
“Yang...”
“Apa..??”
“Kok ga pegangan..??”
“Udah..”
“Pegangan apa..?? belum gitu..”
“Aku udah pegangan kok..”
“Mana?? Belum gini lho..biasanya kan kamu pegangan pinggangku...”
“Hari ini ga pegangan pinggang kamu gapapa kan...?”
“Tumben kamu gitu..??”
“Mmmm...gapapa...udah, ayo cepetan. Keburu ujan nih...” pintaku,
“Oke..”
Di jalan, hujan turun, langsung deres lagi. Hhh...
Ardian berhenti sejenak. Ia mengambil jas hujannya.
Beberapa menit kemudian, perjalanan dilanjutkan. Selama di jalan, aku sengaja nggak berlindung di balik jas hujannya. Aku biarkan tubuhku basah terguyur hujan. Dan Ardian tidak menyadari itu.
Sesampainya di depan rumahku. Hujan gerimis kecil kecil. Tapi tetep mendung, seperti suasana hatiku.
Ardian menghentikan sepeda motornya. Aku turun.
“Makasih, Mas..”
“Iya...yank... lho, yank...kamu kok basah semua...??”
“Iya, tadi kan hujan...”
“Tapi..kenapa kamu nggak berlindung di balik jas hujanku...??”
“Emm, ga papa...hatchii....” aku bersin,
“Tuh kan, kamu pilek...”
“Hehe, nggak masalah...” jawabku dengan tawa yang dipaksakan.
“Kamu..kenapa..??” tanya Ardian dengan nada lembut,
“Gapapa. Aku bilang gapapa...!” aku langsung lari masuk ke rumah,
“Yaang..!” Ardian turun dari sepedanya dan ikut masuk ke teras rumahku,
“Kamu kenapa, yank.!? Jawab..!!” nadanya sedikit membentak,
Aku diam. Dia nggak pernah bentak aku sebelumnya.
“Jawab, yank..!”
“Aku...pingin..kita...” aku menunduk, air hujan yang membasahi seluruh rambutku menetes.
“Pingin apa..??”
“Kita..putus..” kini tetesan air hujan itu diikuti dengan tetesan air mata,
“Yank, kamu serius..?” tanya Ardian meyakinkanku,
“Iya. Maaf, Mas...”
“Tapi...aku sayang banget sama kamu...jangan tinggalin aku....”
“iya, aku juga sayang kamu. tapi aku nggak bisa, Mas. Ini keputusanku...”
Aku masuk rumah. Meninggalkan Ardian yang berdiri lemas di depan pintu rumahku. Hujan deras turun lagi. Seperti suasana hati Ardian yang kecewa.

0 comments:

Post a Comment